Sosial Media dan Sosial Network


SOSIAL MEDIA

Sosial Media adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia maya. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan serta pertukaran user-generated content". Komponen-komponen arsitektur dari sebuah situs jejaring sosial menurut Mike Gotta dalam artikelnya “Reference Architecture For Social Network Sites (2008) ” yang berreferensi dari IT Research Buton Group, yaitu sebuah situs jejaring sosial adalah sebuah situs web yang :
·      Berperan sebagai fasilitas bagi individu untuk menjalin hubungan dengan individu lainnya sehingga memungkinkan mereka untuk bersama-sama membangun atau memperluas jejaring sosial mereka.
·      Merupakan sebuah fasilitas bagi orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi informasi dalam situs, berpartisipasi dalam kegiatan situs yang berbeda, dan membangun komunitas secara informal dan sukarela.
·      Mengandung komponen spesifik yang memungkinkan orang untuk:
o    mendefinisikan profil secara online.
o    daftar hubungan individu.
o    pemberitahuan tentang suatu kegiatan (notification).
o    berpartisipasi dalam kegiatan suatu kelompok masyarakat (group).
o    pengaturan privasi dan izin.


  • Terintegrasi dengan platform infrastruktur yang terkait untuk melengkapi sistem end-to-end (misalnya direktori, keamanan, dan aplikasi integrasi).
Apa yang membuat situs jejaring sosial unik adalah bukan karena setiap orang memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan sosial dengan orang-orang yang tidak dikenal sekalipun, namun social networking site memungkinkan profil jejaring sosial pada setiap individu bersifat visible bagi seluruh member, itu jika di kehendaki oleh individu tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan hubungan antara individu, yang tidak seharusnya terhubung menjadi dapat dibuat. Pada banyak sosial networking site yang besar, individu tidak selalu berusaha untuk mencari atau bertemu dengan orang-orang baru, melainkan mereka lebih mengutamakan untuk menjalin komunikasi dengan orang yang sudah menjadi bagian dalam jejaring sosial mereka.
Salah satu fitur teknis yang diterapkan oleh social networking site, profil yang unik dimana menjadi tempat setiap orang untuk mendefinisikan dirinya yang mencakup identitas-identitas mendasar antara lain umur, lokasi, about me, Contact Info, dan status-status lainnya. Kebanyakan situs juga mendorong pengguna untuk meng-upload foto untuk profilnya. Selain itu, beberapa situs juga memungkinkan pengguna untuk memodifikasi penampilan profil mereka dengan menambahkan konten-konten yang bersifat multimedia. Contoh lainnya, seperti Facebook, memungkinkan pengguna untuk menambahkan modul application yang sangat bervariasi agar profil terlihat lebih menarik.

Contoh Aplikasi Sosial Media.
  • CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • TwettDeck adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk memenajemen yang diper untukkan Sosial Media namun kebanyakan digunakan untuk bermain twitter.
  • Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
  • Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
  • Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik.
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer.com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
  • Dan sebagainya.



SOSIAL NETWORK


Sosial Network adalah suatu media berbasis internet yang memiliki banyak pengguna diseluruh dunia, baik anak-anak remaja, dewasa maupun orang tua. Jenis ragam Sosial Network yang banyak digunakan tergantung bagaimana pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat. Penggunaan sosial network banyak didominasi facebook, twitter dan friendster Banyak motif, mengapa pengguna menjadikan Social Networking sebagai “rekan kerja” dalam kehidupannnya ?. Diantaranya motif untuk berinteraksi social, mencari informasi, mengungkapkan identitas diri dan mencari hiburan. Kemudahan yang diberikan Social Network akan memberikan dampak atau minat untuk menggunakannya maupun merekomendasikan kepada pihak lain. Interaksi antara pemerintah dan masyarakat akan lebih mudah dan diharapkan pemerintah dapat memanfaatkan social networking untuk mensosialisasikan semua kebijakan maupun sebagai sarana untuk memperoleh informasi langsung dari masyarakat.

dan pada saat itu pula media online menjadi semakin akrab di masyarakat. Bahkan pada saat ini bukan hanya kaum yang berduit saja yang bisa menikmati serunya “surfing on the internet” atau menjelajah internet bukan barang mewah lagi saat ini. Ditambah dengan adanya banyak nya social networking yang memudahkan kita berhubungan sama orang lain di internet. Dari orang tua sampai anak-anak pasti memiliki account social network, contohnya facebook, twitter, youtube, dll.
adapun sebagian kecil dari banyak manfaat social network yang kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari social network yaitu :
  • kita bisa berhubungan sama orang lain dengan cepat, aman, dan murah. Beberapa social network menawarkan fasilitas yang sangat memuaskan seperti kita bisa chatting dengan orang lain di manapun dan kapanpun dengan hanya memiliki account social network tersebut. Jadi pada saat ini berhubungan dengan orang lain dari manapun di seluruh belahan dunia terasa sangat mudah dengan bantuan social network.

  •  Social network juga bisa menjadi sarana jual beli online. Sekarang ini dengan bantuan internet semua terasa mudah, kegiatan jual beli pun tidak perlu mempertemukan penjual dan pembelinya. cukup pasang iklan di social network makan barang akan dilihat pembli sehingga barang yang kita jual pun akan laku. Dengan kata lain internet atau lebih tepatnya social network juga ikut serta dalam kegiatan jual beli di seluruh dunia.



  • Social Network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan. Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatan positif maka penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya. di segi pendidikan social network juga dapat mempercepat atau membantu proses belajar.

Contoh Aplikasi Sosial Network
  • Twitter, Facebook, Friendster Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto.
  • Youtube,Devianart Disini para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.


  •  MySpace.com adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia
  • Multiply.com adalah salah satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook, music, video, link, review, dan lainnya. 

Perbedaan Social Media dan Sosial Network 
Perbedaan Social media dan Sosial Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan informasi nya itu yang berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu media massa konvensional dan media massa modern. Sosial Media ini termasuk dalam media massa modern. Lain halnya jika media massa konvensional. Seperti yang telah ketahui, media massa konvensional berupa majalah, koran,  dan hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara media massa konvensional dengan media sosial ini adalah
1.      Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru di banding media sosial
2.      Media massa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak
3.      Media massa konvensional lebih lama dalam memberi feedback atau respon di banding media sosial

 sumber : 


  •  http://syarofiazamy.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
  •  http://kurniawansatria.blogdetik.com/2012/03/13/manfaat-social-network-yang-sebenarnya/ 
  • http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/rcm/12-response-paper-ptk-2012/1079-internet-www-social-networking-sites-dan-media-sosial-presentasi-diskusi

Komentar

Postingan Populer