5.1 Manusia dan Keindahan


Keindahan

Kata keindahan berasal dari kata idah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah , tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna dan sebagainya. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidpan manusia dimanapun kapan pu dan siapa dapat menikmati keindahan.
Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran  adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Keindahan juga bersifat universal, artinya tdak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau local.
Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis Besar Estetika”. Menurut asal katanya dalm bahasa inggris keindahan itu diterjemahkan denga kata “beautiful” dalam bahasa perancis “beau”. Sedang italia dan spanyol “bello” berasal dari kata latin “bellum”. Akar katanya adalah “bonum” yang berarti kebaikan . kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “bonellum” dan terakhir diperpendeksehingga di tulis “bellum”.
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang dalamnya tercangkup pula kebaikan.jadi pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
-          Keindahan alam
-          Keindahan seni
-          Keindahan moral
-          Keindahan intelektual
a.        Nilai ekstrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat bantu atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (instrumental/contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Nilai entrinstik adalah sifat  baik dari benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
b.       Kontemplasi dan Ekstansi
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk  menciptikan sesuatu yang indah. Ekstansi adalh dasar dalam diri manusia untuk menyatakan ,merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.
c.        Apa Sebab Manusia Menciptakan Keindahan ?
Keindahan itu dasarnya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan berarti bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang.
d.       Keindahan Menurut Pandangan Romantik
Dalam buku AN Essay om Man (1954). Erns Cassier mengatakan bahwa arti keindahan tidak bias pernah selesai diperdebatkan. Meskipun demikian, kita dapat menggunakan kata-kata penair romantic John Keats (1795-1821) sebagai pegangan . dalam Endymion dia berkata : “A thing of beuty is a joy forever, its loveliness iscreases: it wil never pass into nothingness”.

Komentar

Postingan Populer