5.2 Manusia dan Keindahan


Renungan

Renungan berasal dari kata renung: artinya diam-diam memikirkan sesuatu. Atau memikir sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori. Teori-teori itu ialah : teori pengungkapan, teori  metafisik dan teori psikologik.
a.        Teori Pengungkapan
Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf italia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karnyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris “aesthetic as science of expression and General Linguistic”. Beliau antara lain menyatakan bahwa “art is expression of impressions” ( seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan) expression adalah sama dengan intuition.
b.       Teori Metafisik
Teori seni yang bercorak metafisis merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari plato yang karya-karya tulisanya untuk sebagian membahas estetik filsafati, knsepsi keindahan dan teori seni.
c.        Teori Psikologis
Teori psikologis adalah teori penandaan (signification theory) yang memandang seni sebagai suatu lambing atau tanda dari perasaan manusia. Menurut teori penandaan itu karya seni adalah iconic signs dari proses psikologis yang berlangsung dalam diri manusia, khususnya tanda-tanda dari perasaananya.


Komentar

Postingan Populer