9.3 Manusia dan Tanggung Jawab


 Pengabdian dan Pengorbanan

Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengbdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

(a). pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetian, cinta, kisah sayang , hormat , atu satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan iklas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila oarang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan. Hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Lain halnya jikat kita membantu teman dalam kesulitan, mungkinn sampai berhari- hari itu bukan pengabdian , tetapi hanya bantuan saja.
Pengabdian kepada agama atau kepada tuhan terasa menonjolnya seperti yang dilakukan oleh para biarawan dan biarawati . pada umumnya mereka itu adalah  oarang-orang yang terjun di ladang Tuhan karena kesadaran moralnya, kaena panggilan Tuhan. Pengabdian kepada negara dan bangsa yang juga menyolok antara lain dilakukan oleh pegawai negeri yang bertugas menjaga mercu suar di pulau yang terpencil. Mereka bersama keluraganya hidup terpencil dari masyarakat ramai, sementara itu setiap hari tiupan angin kencang dari laut tidak berhenti, apalagi bila terjadi badai.

(b). pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban atau kuraban yang berti persambahan, sehingga pengorbanan berarti peberian untuk mnyatakan kebaktian. Pengorbanan dalam arti pemberiam sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat di rasakan  bila kita membaca atau mendengarkan kotbah agama.
Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Antara sesama kawan, sulit dikatakan pengabdian. Karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya. Tetapi untuk kata pengorabanan dapat juga di terapkan kepada sesama teman. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian . pengorbanan dapat berupa harta benda pikirin, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengorbanan diserahkan secara ikhlas tanpa pamrih, tanpa ada perjanjian , tanpa ada transaksi, kapan saja di perlukan.

Komentar

Postingan Populer