Sosial Media dan Sosial Network
SOSIAL MEDIA
Sosial Media adalah sebuah media online dimana para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia maya. Blog, jejaring
sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan
media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang
membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan serta pertukaran user-generated content". Komponen-komponen
arsitektur dari sebuah situs jejaring sosial menurut Mike Gotta dalam
artikelnya “Reference
Architecture For Social Network Sites (2008) ” yang berreferensi dari
IT Research Buton Group, yaitu sebuah
situs jejaring sosial adalah sebuah situs web yang :
· Berperan sebagai
fasilitas bagi individu untuk menjalin hubungan dengan individu lainnya
sehingga memungkinkan mereka untuk bersama-sama membangun atau memperluas
jejaring sosial mereka.
· Merupakan sebuah
fasilitas bagi orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi informasi
dalam situs, berpartisipasi dalam kegiatan situs yang berbeda, dan membangun
komunitas secara informal dan sukarela.
· Mengandung komponen
spesifik yang memungkinkan orang untuk:
o
mendefinisikan
profil secara online.
o
daftar
hubungan individu.
o
pemberitahuan
tentang suatu kegiatan (notification).
o
berpartisipasi
dalam kegiatan suatu kelompok masyarakat (group).
o
pengaturan
privasi dan izin.
- Terintegrasi dengan platform infrastruktur yang terkait untuk melengkapi sistem end-to-end (misalnya direktori, keamanan, dan aplikasi integrasi).
Apa
yang membuat situs jejaring sosial unik adalah bukan karena setiap orang
memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan sosial dengan orang-orang yang
tidak dikenal sekalipun, namun social
networking site memungkinkan profil jejaring sosial pada setiap
individu bersifat visible
bagi seluruh member, itu jika di kehendaki oleh individu tersebut. Hal ini
dapat mengakibatkan hubungan antara individu, yang tidak seharusnya terhubung
menjadi dapat dibuat. Pada banyak sosial
networking site yang besar, individu tidak selalu berusaha untuk
mencari atau bertemu dengan orang-orang baru, melainkan mereka lebih
mengutamakan untuk menjalin komunikasi dengan orang yang sudah menjadi bagian
dalam jejaring sosial mereka.
Salah
satu fitur teknis yang diterapkan oleh social
networking site, profil yang unik dimana menjadi tempat setiap
orang untuk mendefinisikan dirinya yang mencakup identitas-identitas mendasar
antara lain umur, lokasi, about
me, Contact Info, dan status-status lainnya. Kebanyakan situs juga
mendorong pengguna untuk meng-upload
foto untuk profilnya. Selain itu, beberapa situs juga memungkinkan pengguna
untuk memodifikasi penampilan profil mereka dengan menambahkan konten-konten
yang bersifat multimedia. Contoh lainnya, seperti Facebook, memungkinkan
pengguna untuk menambahkan modul application
yang sangat bervariasi agar profil terlihat lebih menarik.
Contoh Aplikasi Sosial Media.
- CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
- TwettDeck adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk memenajemen yang diper untukkan Sosial Media namun kebanyakan digunakan untuk bermain twitter.
- Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
- Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer.com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).
- Dan sebagainya.
SOSIAL NETWORK
Sosial
Network adalah suatu media berbasis
internet yang memiliki banyak pengguna diseluruh dunia, baik anak-anak remaja,
dewasa maupun orang tua. Jenis ragam Sosial Network yang banyak digunakan tergantung bagaimana
pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat. Penggunaan sosial network banyak didominasi facebook, twitter dan friendster Banyak motif, mengapa pengguna menjadikan Social
Networking sebagai “rekan kerja” dalam kehidupannnya ?. Diantaranya motif untuk
berinteraksi social, mencari informasi, mengungkapkan identitas diri dan
mencari hiburan. Kemudahan yang diberikan Social Network akan memberikan dampak atau minat untuk
menggunakannya maupun merekomendasikan kepada pihak lain. Interaksi antara
pemerintah dan masyarakat akan lebih mudah dan diharapkan pemerintah dapat
memanfaatkan social
networking untuk mensosialisasikan semua
kebijakan maupun sebagai sarana untuk memperoleh informasi langsung dari
masyarakat.
dan pada saat itu pula media online menjadi semakin akrab di masyarakat. Bahkan
pada saat ini bukan hanya kaum yang berduit saja yang bisa menikmati
serunya “surfing on the internet” atau menjelajah internet bukan barang
mewah lagi saat ini. Ditambah dengan adanya banyak nya social networking
yang memudahkan kita berhubungan sama orang lain di internet. Dari orang
tua sampai anak-anak pasti memiliki account social network, contohnya
facebook, twitter, youtube, dll.
adapun sebagian kecil dari banyak manfaat social network yang
kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari social
network yaitu :
- kita bisa berhubungan sama orang lain dengan cepat, aman, dan murah. Beberapa social network menawarkan fasilitas yang sangat memuaskan seperti kita bisa chatting dengan orang lain di manapun dan kapanpun dengan hanya memiliki account social network tersebut. Jadi pada saat ini berhubungan dengan orang lain dari manapun di seluruh belahan dunia terasa sangat mudah dengan bantuan social network.
- Social network juga bisa menjadi sarana jual beli online. Sekarang ini dengan bantuan internet semua terasa mudah, kegiatan jual beli pun tidak perlu mempertemukan penjual dan pembelinya. cukup pasang iklan di social network makan barang akan dilihat pembli sehingga barang yang kita jual pun akan laku. Dengan kata lain internet atau lebih tepatnya social network juga ikut serta dalam kegiatan jual beli di seluruh dunia.
- Social Network juga dapat bermanfaat di segi pendidikan. Jika kita menggunakan social network dengan bijak, dan dengan kegiatan-kegiatan positif maka penggunaan social network itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya. di segi pendidikan social network juga dapat mempercepat atau membantu proses belajar.
Contoh Aplikasi Sosial Network
- Twitter, Facebook, Friendster Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto.
- Youtube,Devianart Disini para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
- MySpace.com adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia
- Multiply.com adalah salah satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook, music, video, link, review, dan lainnya.
Perbedaan Social Media dan Sosial Network
Perbedaan Social media dan Sosial Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang
menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan informasi nya itu yang
berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan bagian dari media massa ,media massa itu terbagi 2 yaitu media massa konvensional dan media
massa modern. Sosial Media ini termasuk dalam media massa modern. Lain
halnya jika media massa konvensional. Seperti yang telah ketahui, media
massa konvensional berupa majalah, koran, dan
hal – hal yang termasuk percetakan. Lalu melihat dari perbedaan antara
media massa konvensional dengan media sosial ini adalah
1. Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru di banding media sosial
2. Media massa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak
3. Media massa konvensional lebih lama dalam memberi feedback atau respon di banding media sosial
sumber :
- http://syarofiazamy.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
- http://kurniawansatria.blogdetik.com/2012/03/13/manfaat-social-network-yang-sebenarnya/
- http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/rcm/12-response-paper-ptk-2012/1079-internet-www-social-networking-sites-dan-media-sosial-presentasi-diskusi
Komentar
Posting Komentar