Teknologi Informasi Dan Multimedia (Tugas 1)
MULTIMEDIA
Pengertian
Multimedia
Pada
saat ini perkembangan teknologi di dunia terus berkembang, salah satunya yaitu
sebuah sarana multimedia (media) yang di
dalamnya terdapat perpaduan atau kombinas berbagai bentuk informasi, seperti
teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai suatu pendukung
untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan
hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia
juga seting di gunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak
dan kata media (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang di
pakai untuk menyampaikan sesuatu.
Pada dasarnya
multimedia dapat di kategorikan menjadi dua macam, yaitu multimedia linier dan
multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak di
lengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna.
Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus ), contoh nya : TV dan
film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi
dengan alat pengontrol atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan
lain-lain yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih
apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contoh seperti aplikasi game.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri
dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).
Ada beberapa
multimedia yang disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
-
berbasis kerta (paper –
based), contoh : buku, majalah, brosur.
-
Berbasis cahaya (light
– based), contoh ; slideshow, transparansi.
-
Berbasis suara (audi –
based), contoh ; CD players, tape recorder, radio.
-
Berbasis gambar
bergerak (moving – image – based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete
Recorder) , film
-
Berbasis digital
(digilatally – based), contoh : komputer
Konsep Multimedia
konsep
multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animas dan video. Bila
dalam suatu aplikasi multimedia pamakai atau pengguna multimedia diberikan
suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut
disebut dengan Interactive multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia
tersebut di sediakan struktur dan elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh
pemakai atau pengguna, maka interactive multimedia tersebut menjadi hypermedia.
Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya
bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya
dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi harus juga
memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya.
Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut
multimedia developer.
Pemanfaatan
Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Pemanfaatan multimedia dalam dunia pendidikan antara lain
sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mehasiswa atau
siswa untuk belajar mengambil keuntung dari multimedia, belajar jarak jauh dan
pemasaran pendidikan. Ruang multimedia adalah suatu ruang dimana terdapat
berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran.
Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi
pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya. Dalam proses
pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat
ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan.
Bagi komputer, bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital.
Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan
dalam proses pembelajaran.
Mutimedia Dalam Penggunaan Umumnya
Multimedia
dalam penggunaan umum khususnya masyarakat awam yaitu multimedia dalam
penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi,
penggunaan multimedia dlam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan
serta eksplorasi pengguna tersebut, apliaksi multimedia dapat merangsng panca
indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaanya multimedia akan
merangsang beberapa indera penting manusia, seperti ; penglihatan, pendengaran,
gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangatmembantu
penggunaanya, terutama dalam hal belajar.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalm tulisan biasa. Iklan internet merupakan media karya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televsi tanpa membayar.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalm tulisan biasa. Iklan internet merupakan media karya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televsi tanpa membayar.
Internet Based
Internet based
dalam penggunaann multimedia adalah suatu proses pengajaran yang tentu saja
akan menimbulkan proses belajar mengajar yang tidak sama dengan proses
pengajaran dengan sistem tatap muka. Terdapat perbedaan dalam proses
pembelajaran menggunakan media tersebut, sehingga secara teknis mungkin akan
ditemui banyak tantangan.
Internet
based jika diartikan ke bahasa Indonesia. “berbasis iternet”, dapat diartikan
sebagai segala sesuatu yang dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat
diakses lewat internet. Seperti layanan email yahoo, wikimu juga dikatakan
sebagai “sesuatu” yang berbasis web, yang dapat di akses lewat internet. Suatu
sistem atau proses yang menghubungkan siswa dengan siswa yang lainnya maupun
dengnan suatu sumber pengetahuan, baik instruktur, seorang ahli database maupun
sebuah perpustakaan yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak dan harus
berinteraksi baik secara synchronous maupun
asynchronous.
-
Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi
antara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara
bersamaan atau real time.
-
Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak
terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar