Teknologi Informasi Dan Multimedia (Tugas 1)




 MULTIMEDIA


Pengertian Multimedia

Pada saat ini perkembangan teknologi di dunia terus berkembang, salah satunya yaitu sebuah sarana multimedia (media)  yang di dalamnya terdapat perpaduan atau kombinas berbagai bentuk informasi, seperti teks, graphics, animasi, video, interaktif maupun suara sebagai suatu pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
http://www.rega.ch/img/multimedia/multimedia2_gr.jpg

Multimedia juga seting di gunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan kata media  (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang di pakai untuk menyampaikan sesuatu.
Pada dasarnya multimedia dapat di kategorikan menjadi dua macam, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak di lengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus ), contoh nya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contoh seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).
Ada beberapa multimedia yang disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
-          berbasis kerta (paper – based), contoh : buku, majalah, brosur.
-          Berbasis cahaya (light – based), contoh ; slideshow, transparansi.
-          Berbasis suara (audi – based), contoh ; CD players, tape recorder, radio.
-          Berbasis gambar bergerak (moving – image – based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder) , film
-          Berbasis digital (digilatally – based), contoh : komputer

Konsep Multimedia

konsep multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animas dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pamakai atau pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut di sediakan struktur dan elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka interactive multimedia tersebut menjadi hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi harus juga memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut multimedia developer.

Pemanfaatan Multimedia Dalam Dunia Pendidikan

Pemanfaatan  multimedia dalam dunia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pembelajaran, memberikan fasilitas untuk mehasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntung dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan. Ruang multimedia adalah suatu ruang dimana terdapat berbagai peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran adalah bertambahnya kualitas penyampaian materi pendidikan sehingga siswa lebih mudah dalam menangkapnya. Dalam proses pembelajaran menggunakan ruang multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer, bentuk informasi tersebut, semuanya diolah dari data digital. Sehingga memudahkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran.



Mutimedia Dalam Penggunaan Umumnya

Multimedia dalam penggunaan umum khususnya masyarakat awam yaitu multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi, penggunaan multimedia dlam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, apliaksi multimedia dapat merangsng panca indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaanya multimedia akan merangsang beberapa indera penting manusia, seperti ; penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangatmembantu penggunaanya, terutama dalam hal belajar.                                                                                                                                              
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalm tulisan biasa. Iklan internet merupakan media karya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita dapat menonton televsi tanpa membayar.
Internet Based

         Internet based dalam penggunaann multimedia adalah suatu proses pengajaran yang tentu saja akan menimbulkan proses belajar mengajar yang tidak sama dengan proses pengajaran dengan sistem tatap muka. Terdapat perbedaan dalam proses pembelajaran menggunakan media tersebut, sehingga secara teknis mungkin akan ditemui banyak tantangan.

        Internet based jika diartikan ke bahasa Indonesia. “berbasis iternet”, dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat diakses lewat internet. Seperti layanan email yahoo, wikimu juga dikatakan sebagai “sesuatu” yang berbasis web, yang dapat di akses lewat internet. Suatu sistem atau proses yang menghubungkan siswa dengan siswa yang lainnya maupun dengnan suatu sumber pengetahuan, baik instruktur, seorang ahli database maupun sebuah perpustakaan yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous.
-          Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi antara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan atau real time.
-          Asynchronous adalah proses interaksi yang tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan.

      Sumber: 







Komentar

Postingan Populer